Skip to main content

Cara Mengatasi Gagal Update Aplikasi Google di Android


Pernah mengalami gagal update hampir semua aplikasi Google di android kamu? Masalah ini baru saja saya hadapi beberapa minggu lalu. Namun baru kali ini saya sempat membuatkan ulasannya. Dalam artikel ini, saya akan membahas sedikit tentang bagaimana caranya menyelesaikan masalah gagal update aplikasi google.



Android yang saya gunakan saat itu adalah Xiaomi Redmi Note 2, produk xiaomi yang sudah lumayan lama umur releasenya. Setelah punya tipe yang lebih muda, saya memutuskan untuk memberikan smartphone tersebut ke anak saya. Supaya lebih praktis, saya lakukan factory reset dan membuat semuanya agar disetting seperti baru lagi. Namun ternyata, saya mengalami masalah. Meski saya menggunakan MIUI 9, saya tetap gagal update semua aplikasi google yang sangat penting di setiap android.

Beberapa hal yang sudah saya lakukan namun tetap gagal:

1. Awalnya menggunakan MIUI 9. Kemudian saya sudah coba melakukan downgrade ke MIUI 8 dan MIUI 7 (versi global / stable).
2. Menggunakan original ROM, clear data / clear cache pada aplikasi play store, google service framework, google play service.
3. Saya sudah melakukan factory reset.
4. Saya sudah root, install gapps melalui TWRP. dengan menggunakan original firmware.
5. Saya sudah root, install gapps melalui TWRP, dengan menggunakan custom ROM.
6. Saya sudah unroot, install gapp melalui xiaomi app store.
7. Dalam keadaan root dan unroot, mendownload dan install gapps dari opengapps.org. (versi lama dan versi baru sesuai android yang saya gunakan).
8. Saya sudah update google play service baik secara manual (download dari opengapps dan situs apkmirror) maupun langsung klik update dari playstore.

Kegagalan terus saya dapatkan meski sudah melakukan beberapa langkah diatas. Apakah benar kegagalan ini bisa dialami karena android kita sudah pernah di root? Saya tidak tahu jawabannya secara pasti.

Namun demikian, untuk beberapa kasus yang hampir sama, cara-cara tersebut diatas bisa berhasil. Kebetulan saja, pada kasus yang saya hadapi, cara-cara tersebut tidak mempan.

Saya terus mencari penyelesaian dengan pantang menyerah di browsing di google, dan terus membaca diskusi forum-forum. Hampir semua cara menyelesaikan permasalahan tersebut, dibahas hampir sama, yaitu dengan cara membersihkan cache, dan clear data pada setiap aplikasi google utama di android kita (google play store, google services framework, google play service, gmail, google drive, dan aplikasi-aplikasi google lainnya di android).

Suatu saat saya menemukan jawaban yang berbeda dari jawaban pada umumnya, pada sebuah forum android. Di artikel ini saya akan berbagi tentang bagaimana isi dari penyelesaian masalah ini.

Berikut kutipan dari seorang member di forum.xda-developer.com, alasan mengapa google selalu gagal update di android.
"... After the reset, everything looks fine, start up is quick, no more lagging, battery performance also better.
One problem after the reset is that I can't update most Google apps and can't install Google Keep Notes.
Someone told me that this is because Google starts collecting applications fee from manufacturers, and manufacturers (Xiaomi in this case) don't want to pay fee for older devices like Redmi Note 2.
The result is google won't provide any updates for devices that are not registered/(pay fee) to them. "

Demikian alasannya mengapa kita tidak bisa mengupdate dan mendownload aplikasi google. Kebetulan smartphone yang saya gunakan adalah tipe yang sama.

Catatan penting:

* Saya tidak bisa memastikan apakah alasan tersebut benar atau tidak. Karena saya sendiri belum menemukan pernyataan resmi dari pihak terkait.

* Resiko rooting perangkat sudah kalian ketahui.
Tapi yang pasti, ternyata cara yang saya temukan di halaman forum tersebut berhasil.

Syarat utama untuk melakukan perbaikan gagal update ini adalah:

Sistem android harus sudah harus root!

Saya disini tidak akan membahas bagaimana cara root android. Saya anggap kalian sudah mengerti bagaimana cara root android kalian.

Cara mengatasi gagal update aplikasi google di android, ikuti langkah-langkah berikut ini:


1. Aplikasi yang digunakan bisa menggunakan ES File Explorer atau buildprop editor yang bisa kamu download langsung dari playstore. Jika menggunakan ES File Explorer, aktifkan terlebih dahulu Root Explorer di bagian settingnya.

2. Cari file build.prop di folder system android. Buka dengan aplikasi yang saya sebutkan diatas untuk mulai menambahkan baris kode pada file tersebut.

3. Pada baris paling bawah, tambahkan baris kode berikut ini:

dalvik.vm.image-dex2oat-filter=speed
dalvik.vm.dex2oat-filter=interpret-only

4. Save, agar perubahan tersebut tersimpan.

5. Restart android/perangkat.

6. Buka lagi playstore, coba update lagi aplikasi-aplikasi google yang gagal update sebelumnya. (Google, Gmail, dst.)


Akhirnya, selesai juga masalah update aplikasi google yang gagal terus di xiaomi redmi note 2. Setelah selesai semuanya, saya lakukan unroot lagi, supaya sistem MIUI lebih aman dan stabil kembali seperti semula. Dan hasilnya, smartphone saya sekarang sudah bisa digunakan secara normal, dengan tetap mendapatkan update dari MIUI, dan lancar mengupdate aplikasi google seperti sebelumnya.

Comments

Popular Posts

The Truth Reunion dedicated To Guswin The Funky Man

Sebuah event spesial sudah digelar pada tanggal 1 Mei 2018 lalu. Event besar dengan tajuk The Truth Reunion sebagai moment khusus sebagai Tribut untuk musisi Bandung tercinta, Guswin "The Funky Man". Acara ini berhasil digelar dengan kemeriahan, kemegahan, juga keharuan. Acara yang yang digarap  rapi oleh Club De Production dan Eleven Be Entertainment ini digelar di Concordia, Kiputih Ciumbuleuit Bandung berlangsung dari sore hingga tengah malam.

5 APLIKASI KARAOKE DI ANDROID TERPOPULER 2018

Buat kamu yang hobby nyanyi, kamu bisa memanfaatkan waktu luang berkaraoke kapanpun dan dimanapun. Banyaknya aplikasi karaoke android yang bisa dengan mudahnya di download dan langsung dipake gak bikin kamu repot musti berlama-lama di perjalanan nyari tempat karaoke. Yang pasti, setelah download aplikasinya, kamu harus daftar dulu supaya kamu bisa punya akun khusus pribadi. Coba liat aplikasi-aplikasi karaoke terpopule r di bawah ini yuk.