Skip to main content

15 Cara Mudah Mengatasi Hangover dengan Bahan Ini



Ada beberapa bahan makanan dan minuman yang dapat membantu anda mengatasi Hangover. Tidak terasa nyaman sekali saat anda harus berlama-lama mengalami Hangover. Setelah pesta selesai, esok harinya anda merasakan sakit kepala, napas tersengal, perut mual, atau mulut terasa kering. Itulah tanda-tanda hangover.


Hangover secara harfiah, diartikan sebagai sisa dari masa lampau. Hangover juga merupakan cara alam untuk memberitahukan kepada anda, bahwa anda telah melakukan sesuatu secara berlebihan.





Tahukah anda, untuk mengatasi hangover sebaiknya anda menghindari pemakaian obat-obat yang mengandung zat kimia. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasai masalah hangover.

Minum dengan bertanggung jawab dan ketahui batas kemampuan tubuh Anda. Berikut aturan yang disarankan oleh National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism:

Wanita tidak boleh minum lebih dari 3 minuman dalam satu hari dan tidak lebih dari 7 minuman per minggu. Sedangkan pria tidak boleh minum lebih dari 4 kali meminum minuman dalam satu hari dan tidak lebih dari 14 minuman per minggu.

"Satu minuman" berarti salah satu dari takaran berikut ini: 350 ml bir, 240-270 ml minuman keras dari gandum, 150 ml anggur atau 45 ml minuman keras. Demikian penjelasan dikutip dari WikiHow.com

MAKANAN DAN MINUMAN UNTUK MENGATASI MASALAH HANGOVER

1. GINSENG

Ginseng merupakan obat mabuk alkohol yang baik. Ginseng dapat mengembalikan hilangnya keseimbangan tubuh akibat alkohol. Minumlah teh ginseng, biasanya dapat anda beli di toko obat atau apotek.

2. JAHE

Aroma dan rasa jahe dapat dijadikan obat mual dan muntah yang efektif. Jahe juga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan merangsang kecepatan pengeluaran racun. Tanaman jahe merupakan tanaman yang mendapat predikat penyembuh mabuk alkohol. Buatlah ramuan jahe dengan cara memarut beberapa rimpang jahe yang kemudian dicampur air. Minumlah ramuan tersebut.

3. VITAMIN B KOMPLEKS

Vitamin B berperan pada sistem saraf. Minumlah vitamin B kompleks ditambah dengan tablet multivitamin dan mineral. Alpokat, pisang, biji gandum, tape, ikan, hati, telur, susu, dan keju adalah contoh bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B.

4. AIR

Minumlah banyak air sebelum dan sesudah anda berpesta dan meminum minuman beralkohol. Hal ini akan membantu tubuh anda agar dapat menyediakan cadangan air yang cukup. Dengan begitu anda dapat sering buang air. Air mineral juga dapat membantu membuang racun jahat dalam tubuh, yang dapat membuat anda tidak nyaman.

5. JUS JERUK

Jus jeruk juga dapat membantu membuang racun dan dapat menjadi pasokan kadar air yang baik untuk tubuh.

6. BLOOD MARRY

Ini adalah ramuan yang terdiri dari jus tomat dan Vodka. Minuman ini adalah salah satu obat hangover yang paling terkenal. Blood Marry didasari oleh prinsip "mengobati dengan bahan yang sama".

7. JUS SAYURAN

Detoksifikasi merupakan salah satu pengobatan hangover yang juga sering digunakan. Detoksifikasi sederhana bisa menggunakan jus sayur hijau segar. Sensasi jus bayam dan seledri.

8. PEPPERMINT TEA

Teh ini merupakan salah satu obat mabuk alkohol yang alami dan sangat baik untuk diminum. Peppermint menjadi pilihan karena kemampuannya yang dapat menyembuhkan sistem pencernaan.

9. YOGHURT MURNI

Alasan utama kenapa perut anda terasa mual seperti diguncang-guncang adalah karena keseimbangan PH-nya terganggu. Yoghurt murni dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.

10. BUBUR GANDUM

Bukan hanya kaya gizi, bubur gandum adalah makanan yang sangat mudah dicerna, karena gandum adalah makanan alkali. Oat dapat meredakan gangguan perut.

11. PIJAT AROMATERAPI

Minyak adas (fennel) dan jupiter merupakan bahan detoksifikasi yang manjur dan sangat baik untuk mengatasi mabuk alkohol. Gunakan minyak-minyak ini dalam pijat aromaterapi yang anda lakukan sendiri di rumah.

12. MANDI LAVENDER

Lavender adalah salah satu obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk untuk mengatasi hangover. Untuk meredakan hangover, tambahkan 6-8 tetes minyak lavender ke dalam bak berisi air hangat.

13. MINUMAN OLAHRAGA ISOTONIK

Minuman isotonik dapat mengganti cairan tubuh yang hilang dan menambah energi. Minuman isotonik mengandung karbohidrat.

14. ORAL REHYDRATION SALTS

Minumalah minuman yang mengandung elektrolit, larutan oralit, namun jangan yang mengandung kafeina.

15. TEH JAHE

Rasa mual dapat diatasi dengan menggunakan teh jahe. Teh ini dapat dibuat dari rebusan beberapa potong akar jahe segar yang dicampur air, ditambahkan perasan air buah lemon dan setengah cangkir madu. Kadar glukosa dalam tubuh dapat menjadi stabil dengan meminum ramuan ini.


Pastikan anda untuk istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh anda saat mengalami hangover. Setelah tidur yang cukup, berjalan-jalan ringan di sekitar anda sambil menghirup udara segar. Jangan terlalu sering memaksakan tubuh anda mengalami hangover. Pencegahan hangover yang paling baik adalah dengan tidak minum-minuman.

Photography: Mislav Marohnic @Flickr

Comments

Popular Posts

The Truth Reunion dedicated To Guswin The Funky Man

Sebuah event spesial sudah digelar pada tanggal 1 Mei 2018 lalu. Event besar dengan tajuk The Truth Reunion sebagai moment khusus sebagai Tribut untuk musisi Bandung tercinta, Guswin "The Funky Man". Acara ini berhasil digelar dengan kemeriahan, kemegahan, juga keharuan. Acara yang yang digarap  rapi oleh Club De Production dan Eleven Be Entertainment ini digelar di Concordia, Kiputih Ciumbuleuit Bandung berlangsung dari sore hingga tengah malam.

Cara Mengatasi Gagal Update Aplikasi Google di Android

Pernah mengalami gagal update hampir semua aplikasi Google di android kamu? Masalah ini baru saja saya hadapi beberapa minggu lalu. Namun baru kali ini saya sempat membuatkan ulasannya. Dalam artikel ini, saya akan membahas sedikit tentang bagaimana caranya menyelesaikan masalah gagal update aplikasi google. Android yang saya gunakan saat itu adalah Xiaomi Redmi Note 2 , produk xiaomi yang sudah lumayan lama umur releasenya. Setelah punya tipe yang lebih muda, saya memutuskan untuk memberikan smartphone tersebut ke anak saya. Supaya lebih praktis, saya lakukan factory reset dan membuat semuanya agar disetting seperti baru lagi. Namun ternyata, saya mengalami masalah. Meski saya menggunakan MIUI 9, saya tetap gagal update semua aplikasi google yang sangat penting di setiap android. Beberapa hal yang sudah saya lakukan namun tetap gagal: 1. Awalnya menggunakan MIUI 9. Kemudian saya sudah coba melakukan downgrade ke MIUI 8 dan MIUI 7 (versi global / stable). 2.

5 APLIKASI KARAOKE DI ANDROID TERPOPULER 2018

Buat kamu yang hobby nyanyi, kamu bisa memanfaatkan waktu luang berkaraoke kapanpun dan dimanapun. Banyaknya aplikasi karaoke android yang bisa dengan mudahnya di download dan langsung dipake gak bikin kamu repot musti berlama-lama di perjalanan nyari tempat karaoke. Yang pasti, setelah download aplikasinya, kamu harus daftar dulu supaya kamu bisa punya akun khusus pribadi. Coba liat aplikasi-aplikasi karaoke terpopule r di bawah ini yuk.